Kamis, 11 Agustus 2011

Episode 1 - 17 - Cerita Anak Langitan setiap Senin - Jumat pukul 16.45 - 17.00 WIB di RCTI





CERITA ANAK LANGITAN

Mulai 18 Juli 2011 Pukul 16.15 WIB



Cerita anak langitan adalah sebuah program, 42 menit, yang berisi tentang ceritra hadist dan qur an, yang dimainkan oleh anak anak dan seorang ustadz.



Ceritra ini berkisah bagaimana anak anak, memahami hadist dan qur an secara sederhana. Dan ustadz meluruskan pemahaman tersebut.



Program ini di rancang sebagai sebuah tayangan ramadhan yang edukatif, lucu dan menghibur, Dibawakan dengan cerdas oleh ustadz subki al bughury.



Sinopsis episode 1 :



1. Rambut Nenek



"Rubahlah (warna) rambut ini dengan sesuatu dan jauhilah warna hitam. (HR. Muslim)"



Umay melarang neneknya Akbar menyemir pakai semir warna hitam. Akbar kemudian berinisiatif menyemir rambut neneknya. Tapi pakai rambut warna-warni gaul.



2. Shaf Shalat



"Sebaik-baiknya shaf laki-laki adalah yang paling pertama, dan seburuk-buruknya adalah yang terakhir. (HR Muslim)"



Kata Pak Ustadz, kalau diibaratkan barisan pertama itu dapat sapi, kedua ayam, ketiganya telor, dst. Sehingga semua anak ingin barisan paling depan sehingga shalat cuma satu baris, dan barisan itu sampai ke luar Masjid.



3. Ahli Surga



"Rombongan yang pertama masuk surga adalah dengan wajah bercahaya bak rembulan di malam purnama. Rombongan berikutnya adalah dengan wajah bercahaya seperti bintang-bintang yang berkemilau di langit. Masing-masing orang di antara mereka mempunyai dua istri, dimana sumsum tulang betisnya kelihatan dari balik dagingnya. Di dalam surga nanti tidak ada bujangan. (HR. Bukhari & Muslim)"



Setelah mendengar hadits tersebut, maka supaya disebut ahli surga, malam harinya saat ke masjid, semua anak-anak pakai senter yang ditaruh di atas wajah (seperti senter penambang), sehingga wajah mereka pun terang bak bulan purnama. Mereka semua sudah merasa sebagai ahli surga.



4. Tak Mau Sholat Dipukul



"Perintahkan anak kalian untuk melakukan shalat jika mereka sudah menginjak usia tujuh tahun dan apabila telah berusia sepuluh tahun, pukulah ia jika sampai mengabaikannya (Abu Dawud meriwayatkan dari Sibrah bin Ma'bad Al-Juhanira)"



Umay dan Akbar melihat dua orang berbadan seperti anak-anak yg lagi duduk-duduk santai saat waktu solat telah tiba. Pas mau dipukul, ternyata dia orang dewasa (orang bertubuh kate/kerdil).



5. Semua Milik Alloh



"Hadist: Apa yang diambil Allah dan apa yang diberikan-Nya itu adalah milik-Nya. segala sesuatu telah ditentukan batas waktunya. Hendaklah kamu bersabar dan rela terhadap apa yang telah menjadi ketentuan-Nya (takdir-Nya) dengan mengharap pahala daripada-Nya. (H.R Bukhari)"



Umay ingin mentraktir Ustadz dan teman-temannya. Di dalam perjalanan Ustadz memberikan sodakoh dengan jumlah uang yang besar, hingga anak-anak heran. Namun Ustadz menjelaskan sebuah hadist yang isinya adalah semua yang kita miliki adalah milik Allah. Sehingga Umay mengeluarkan semua uangnya untuk menyumbang. Namun apesnya ketika Umay hendak membayar makanan semua uangnya sudah habis, hingga Umay harus membersihkan piring-piring kotor. Pasalnya pemilik restoran gak mua dibayar dengan KTP punya Ustadz.



6. Keutamaan Sholat Jum'at



"Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra: Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, "Pada setiap hari Jumat para malaikat berdiri di depan pintu masjid menuliskan nama-nama orang secara berurutan. Ketika Imam telah duduk (di atas mimbarnya) mereka menutup buku catatannya dan duduk mendengarkan kutbahnya."



Setelah Pak Ustadz memberi tahu kalau datang solat Jumat lebih awal malaikat mencatat nama-nama orang secara berurutan, Umay dan Akbar datang ke masjid dengan memakai plang papan nama, supaya namanya gak ketukar dengan jamaah lain. Ustadz pun menasehati, bahwa malaikat gak mungkin salah catat.



7. Surga Di Bawah Telapak Kaki Ibu



"Surga dibawah telapak kaki ibu (Al-Hadits")



Karena mendengar kabar bahwa surga di bawah telapak kaki ibu, akhirnya anak-anak berusaha mencari tahu dengan cara melihat kaki ibunya untuk melihat surga. Bahkan menciumnya, padahal si ibu baru saja menginjak kotoran ayam.





Episode 2 :



1. Mimpi Buruk



"Barang siapa yang bermimpi buruk, maka menengoklah ke sebelah kiri, lalu baca istighfar 3 kali dan meludahlah 3 kali. Karena sesungguhnya mimpi buruk itu berasal dari syaithon. (Al Hadits)"



Umay yang bermimpi buruk meludah tiga kali ke samping kanan. Tapi saat itu ada Akbar, sehingga Akbar marah. Umay jelasin tentang hadits dari ustadz. Pas giliran akbar yang mimpi buruk, Akbar hendak meludah ke kanan. Tapi Umay sudah lebih dahulu memakai helm.



2. Merangkak



"Seandainya manusia itu tahu apa yang ada di dalam sholat berjamaah pada waktu isya dan subuh, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan merangkak.(HR.Bukhori-Muslim)"



Masjid sepi kalau solat subuh, sehingga Ustadz menyampaikan hadits tsb. Pas solat subuh, Umay dan Akbar mengajak orang-orang yang sudah tua ke masjid meskipun dengan merangkak. Padahal orang-orang tua itu ada yang sedang sakit pinggang.



3. Stock Pahala Masih Saldo



"Barang siapa solat isya berjamaah maka ia seperti solat setengah malam, dan barang siapa solat subuh berjamaah, maka seolah-olah ia solat sepanjang malam (HR Muslim)."



Mentang-mentang habis solat subuh yang pahalanya bagai sholat sepanjang malam, Umay dan Akbar gak mau sholat dzuhur karena pahala sholatnya masih saldo. Keduanya tidur di serambi masjid. Karena Ustadz kesulitan membangunkannya, Gentar menyiram tubuh Umay dan Akbar. Saat Ustadz menyuruh sholat, ada saja alasan Umay dan Akbar. Gak ada ini dan itu, seperti baju, kopiah, tasbih dll. Tapi ustadz ternyata memberikan apa saja yang diinginkn Umay dan Akbar agar keduanya bisa sholat. Ustadz sudah kayak toserba, menyediakan semua yang diminta Umay dan Akbar!



4. Salah Tolong Orang



"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya". (Q.S. Al-Maidah: 2)"



Ustadz menjelaskan sebuah dalil tentang tolong menolong. Umay, Akbar dan lainnya membantu menolong orang-orang yang dikira pindahan rumah. Padahal orang-orang itu ternyata sekawanan maling!! Mau nolong tapi salah tolong orang!!



5. Masuk Masjid Dengan Kaki Kanan



"Termasuk sunnah, apabila engkau masuk masjid, untuk mendahulukan kakimu yang kanan dan apabila engkau keluar, dahulukan kaki kirimu." (HR. Hakim)



Ketika ceramah, Ustadz menyampaikan bahwa hadits di atas. Umay dkk saling tunjuk satu sama lain, gak mau mengakui kalau masuk masjid sering pakai kaki kiri dulu. Maka esoknya, ketika anak-anak masuk masjid, semua masuk pakai kaki kanan, tapi gayanya kayak orang pincang karena masuk pakai satu kaki saja, kaki kanan. Ustadz geleng-geleng kepala.



6. Gara-Gara Bau Bawang



"Siapa orangnya yang makan bawang merah atau bawang putih dan daun kucai (semacam bawang), maka janganlah memasuki masjid kami (umat islam). Maka sesungguhnya para malaikat merasa terganggu sebagaimana manusia, kerena makanan tersebut.(HR. Muslim)"



Umay mengusir siapa saja yang masuk masjid tetapi bau bawang. Ternyata semua jamaah diusir, yang berarti bau bawang. Pak Ustadz bingung, karena dia yang gak makan bawang disangka Umay makan bawang. Ustadz kesal dan menunjuk tumpukkan bawang di dekat Umay, yang ternyata bawang2 milik pedagang yang lagi mampir sholat di masjid.



7. Doa Orang Teraniaya



"Hadist: Takutlah terhadap doa orang yang teraniaya/terdzholimi, karena tidak ada penghalang antaranya dan Alloh. (HR. Tirmidzi)"



Umay ngambek kepada kedua orang tuanya kerena dia tidak belikan sepeda, namun ia bersama teman-temannya dapat ide setelah curhat ke Ustadz. Tentang doa orang yang teraniaya paling di-ijabah oleh Allah SWT. benar saja, di sebuah tempat Umay dipukuli oleh Akbar, Audrik dan Gentar. Agar Umay termasuk orang yang teraniaya. Umay babak belur, namun belum berdoa Bapak Umay udah bawa sepeda. Ustadz menjelaskan : benar doa orang teraniaya dijabah oleh Allah SWT. tapi bukan yang dibuat-buat seperti Umay. Umay nyesel kenapa harus pakai dipukuli segala... karena saking semangatnya Umay langsung menaiki sepeda hingga terjatuh ke dalam selokan...



Cerita Anak Langitan Episode 3



Cerita Anak Langitan Episode 3 Part 1



Cerita Anak Langitan Episode 3 Part 2



Cerita Anak Langitan Episode 3 Part 3



Cerita Anak Langitan Episode 3 Part 4



Cerita Anak Langitan Episode 4



Cerita Anak Langitan Episode 4 Part 1




Cerita Anak Langitan Episode 4 Part 2



Cerita Anak Langitan Episode 5



Cerita Anak Langitan Episode 5 Part 1



Cerita Anak Langitan Episode 5 Part 2



Cerita Anak Langitan Episode 5 Part 3



Cerita Anak Langitan Episode 6



Cerita Anak Langitan Episode 6 Part 1



Cerita Anak Langitan Episode 6 Part 2



Cerita Anak Langitan Episode 7



Cerita Anak Langitan Episode 7 Part 1




Cerita Anak Langitan Episode 7 Part 2



Cerita Anak Langitan Episode 7 Part 3



Cerita Anak Langitan Episode 12



Cerita Anak Langitan Episode 12 Part 1



Cerita Anak Langitan Episode 12 Part 2



Cerita Anak Langitan Episode 12 Part 3



Cerita Anak Langitan Episode 13



Cerita Anak Langitan Episode 13 Part 1



Cerita Anak Langitan Episode 13 Part 2



Cerita Anak Langitan Episode 14



Cerita Anak Langitan Episode 14



Cerita Anak Langitan Episode 15



Cerita Anak Langitan Episode 15



Cerita Anak Langitan Episode 16



Cerita Anak Langitan Episode 16



Cerita Anak Langitan Episode 17



Cerita Anak Langitan Episode 17





sumber: (Terima kasih dan kredit diberikan kepada

http://www.rcti.tv/

dan semua pihak atas sumber maklumat dan gambar)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar